Jumat, 29 Mei 2009

4 LANGKAH HEMAT ALAT TULIS KANTOR

Dengan berhemat ATK, ternyata kita bisa punya ‘kebebasan’ di tempat kerja. Akhir tahun, bukan Cuma evaluasi kinerja karyawan yang sibuk dilakukan ,tapi juga evaluasi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Besarnya biaya yang dikeluarkan perusahaan sangat mempengaruhi pemasukannya dan ujung-ujungnya menentukan keputusan mengenai besar bonus yang bisa kita terima. Mau mendukung perusahaan tempat kita bekerja supaya pemasukannya semakin banyak, dan semakin besar juga bonus kita ?
Supaya pengeluaranperusahaan tidak terlalu besar, kita bisa membantu dengan berhemat alat tulis kantor (ATK) selain mengurangi biaya, ternyata berhemat ATK juga bisa membuat kerja lebih enak.

BEBAS LUPA

Yang paling sering, kita tidak bisa menemukan bolpoin atau stapler kita pada saat kita mau menggunakannya. Pasti jengkel rasanya… padahal ternyata barang- barang itu tidak hilang, tapi sembunyi di balik tumpukan berkas di atas meja kerja kita. Bisa juga dia ngumpet di meja kerja rekan anda. Jangan buru-buru minta pulpen baru, sebaiknya cari dulu !

Berikutnya agar tidak pusing mencarinya, ada bagusnya kita meletakan tempat khusus alat-alat ini diposisi yang paling strategis dalam jangkauan kita setiapkali selesai menggunakannya, kita bisa langsung meletakannya kembali di tempat itu, jadi kita tidak akan kehilangan benda-benda yang sederhana tapi penting ini. Selain itu, meja kerja juga lebih rapi tanpa alat tulis yang berserakan.

Kalau rekan kerja punya kecenderungan meminjam dan sering lupa mengembalikan peralatan tulis kita, memasang nama dibolpoin kita biisa dipertimbangkan. Memang nama di bolpoin itu tidak bisa menjerit minta untuk dikembalikan . tapi dengan adanya nama kita tertera dibolpoin , paling tidak rekan kerja kita ingat dari siapa dia meminjamnya dan bisa segera mengembalikan pulpen itu.

BEBAS TUMPUKAN

Mau ngeprint atau fotokopi, tapi tidak teredia kertas baru ? sebelum minta kertas baru, coba kita kihat lagi, siapa tahu ada kertas bekas fotokopi atau ngeprint yang sisi baliknya masih polos. Kita masih bisa gunakan kembali kertas tersebut untuk fotokopi.

Selama kertas tersebut tidak berisi hal-hal yang sifatnya rahasia, kita masih bisa ngeprint di sisi polosnya. Selainitu kita juga bisa menggunakannya sebagai kertas buram.

Dengan reusing kertas bekas ini, tumpukan sampah kertas jadi berkurang, ruang kerja kelihatan lebih nyaman juga. Yang paling penting, kita bisa berhemat kertas dan ikut menjaga lingkungan.

BEBAS ROBEK

Stapler memang bikin hidup lebih mudah, tapi penjepit kertas dan paper clip lebih bersahabat untuk mendukung usaha kita berhemat. Walaupun tidak terlalu mahal, kawat stapler tidak bisa dipakai lebih dari sekali. Sedangkan penjepit kertas dan paper clip masih bisa kita gunakan lagi sesudahnya.

Kalau berkas yang di staple itu sudah tidak diperlukan dan kita bermaksud menggunakan halamannya yang masih kosong, kertas yang dijepit atau di clip masih bagus bentuknya . stapler memberikan bekas bolong pada kertas, malah kalau kita tidak berhati-hati membukanya, kertas bisa robek.

BEBAS KERTAS

Kalau system informasi di tempat kerja sudah mendukung, kita bisa mengoptimalkan penggunaan email. Laporan rutin dan dokumen-dokumen bisa dikirimkan melalui melalui e-mail yang cepat dan praktis , jadi kita juga bisa lebih menghemat waktu.

Untuk pesan yang sama kita tidak perlu mengetik ulang atau membuat salinan dalam jumlah banUkuran hurufyak. Dengan e-mail, banyak sekali yang bisa dihemat. Kita bisa mengirit penggunaan disket. Menghemat kertas untuk ngeprint atau fotokopi, dan kita menghemat printer dan mesin fotokopi juga. Bolpoin juga jadi jarang digunakan, sehingga lebih awet.

Filling yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas computer mengurangi jumalah berkas atau dokumen yang harus disimpan. Meja kerja juga lebih rapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar